Pembelajaran Matematika Melalui Blended Learning Berbasis Multi Aplikasi Sebagai Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

  • Desy Arnita Dewi MAN Negeri 2 Banjarmasin
Keywords: Blended Learning, GeoGebra, Google Classroom, Quizizz

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu produk perubahan zaman banyak membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan sekarang ini. Era digitalisasi yang disebut era revolusi industri 4.0 membuat perubahan yang sangat cepat.  Banyak aplikasi pembelajaran digital yang bisa digunakan secara efektif dan efisien sebagai media penunjang pembelajaran. Diantaranya GeoGebra, Google Classroom, dan Quizizz. Aplikasi tersebut dapat berdiri sendiri, ataupun dikombinasikan satu sama lain sesuai kebutuhan. Keterlibatan suatu proses perkembangan teknologi yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran disebut e-learning. Pembelajaran yang mengkombinasikan atau mencampurkan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran berbasis e-learning disebut sebagai Blended Learning. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 MAN 2 Model Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi trigonometri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa berada dalam kualifikasi aktif dan terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Published
2019-12-30
How to Cite
Dewi, D. A. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Blended Learning Berbasis Multi Aplikasi Sebagai Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 27 -33. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.884
Abstract viewed = 556 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 592 times