“Jukung Banjar” Game Arcade 2D Berbasis Web
Abstract
Video game yang biasa disebut gim telah telah menjadi bagian dari sarana hiburan pada zaman modern ini. Awalnya gim hanya tersedia pada komputer khusus yang berada pada lembaga tertentu. Seiring perkembangan zaman, gim tersedia secara luas melalui berbagai platform, diantaranya komputer personal, konsol, telepon genggam, serta mesin arcade pada tempat hiburan. Ini tidak lepas dari tersedianya platform terkait dengan harga yang relatif terjangkau, serta peran dari pengembang gim itu sendiri. Dalam pengembangan gim, terdapat tools yang mampu mempercepat proses pengembangan gim yang disebut game framework dan game engine. Ada beberapa game framework dan game engine yang tersedia secara gratis, salah satunya adalah Phaser. Phaser adalah framework untuk mengembangkan gim yang berbasis web. Dalam membuat gim yang penulis ajukan, yakni gim bergenre arcade 2D, penulis akan menggunakan framework Phaser dalam proses pengembangannya. Harapannya setelah gim berhasil dibuat, gim tersebut dapat menjadi sarana hiburan bagi pemainnya, serta menjadi sarana pembelajaran bagi penulis dalam proses mengembangkan sebuah gim.