Meningkatkan Konsep Diri Yang Positif Melalui Konseling Peer Group Pada Siswa Kelas XII di SMA Kartika V-3 Banjarmasin

  • Hj. Nailah SMA Kartika V-3 Banjarmasin
Keywords: Konsep Diri yang Positif, Konseling Peer Group

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan yaitu di SMA Kartika V-3 Banjarmasin bahwa banyak siswa menunjukkan perilaku seperti: sangat peka terhadap kritik, hiperkritis terhadap orang lain, responsif berlebihan terhadap pujian, kurang mampu mengendalikan emosi, kurang yakin akan kemampuan diri sendiri dan pesimis terhadap kompetisi. Gejala-gejala tersebut mengidentifkasikan bahwa siswa kurang memiliki konsep diri yang positif. Fenomena di atas mendorong peneliti untuk mengkaji efektivitas konseling peer group dalam meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah suatu kajian reflektif yang dilakukan konselor dalam meningkatkan kemampuannya berfikir secara rasional dan bertindak untuk memperbaiki kualitas bimbingan terhadap siswa sehingga diperoleh kesimpulan: (1) konseling peer group dalam layanan pribadi sosial dapat meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa sebesar 8,66% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 11,46% pada siklus II; (2) melalui konseling peer group, siswa terlatih dan terampil dalam meningkatkan konsep dirinya yang positif. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya untuk mengkaji efektivitas konseling peer group dengan meneliti variabel yang sama dengan jumlah sampel yang relatif lebih besar sehingga hasil penelitian lebih representatif.

Published
2019-11-01
How to Cite
Nailah, H. (2019). Meningkatkan Konsep Diri Yang Positif Melalui Konseling Peer Group Pada Siswa Kelas XII di SMA Kartika V-3 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 53 - 63. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.846
Section
Articles
Abstract viewed = 138 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 160 times