Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Bahrul Ulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Frendy Aru Fantiro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mochamad Novi Rifa’i Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Google Apps, Literasi Digital, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan Google Apps di era literasi digital pada siswa Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik  pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Literasi digital merupakan kemampuan kemampuan penggunaan teknologi informasi dari perangkat digital secara efektif efisien dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya literasi digital adalah pemanfaatan teknologi informasi menggunakan Google Apps for education  yang telah disediakan oleh perusahaan mesin pencari google untuk segenap komponen pendidikan disekolah. Dengan memanfaatkan Google Apps dalam proses pembelajaran yang dapat dibuka melalui smartphone dan tablet, memungkinkan para guru menyiapkan dan menyajikan materi pembelajarannya secara online (dan offline) yang mudah diakses siswa.

Published
2019-11-01
How to Cite
Ulum, B., Fantiro, F. A., & Rifa’i, M. N. (2019). Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 22 - 31. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.843
Section
Articles
Abstract viewed = 1799 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1725 times