Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Strategi Pemodelan Pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Pelaihari Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Pelaihari dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi pemodelan. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan strategi pemodelan pada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Pelaihari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 1 SMAN 1 Pelaihari pada bulan Agustus – September 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan strategi pemodelan dapat meningkatkan hasil kemampuaan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dikenai tindakan adalah 57,65, kemudian meningkat menjadi 69,69 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77,33 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar 12,04. Peningkatan siklus I hingga siklus II sebesar 7,64. Peningkatan total skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 19,68. (2) Peningkatan proses pembelajaran menggunakan strategi pemodelan dapat dilihat dari antusiasme, perhatian, dan keaktifan siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dan terjadi perubahan yang positif bagi siswa. Hal itu dikarenakan pembelajaran menulis teks laporan hasil obsevasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan dengan menggunakan strategi pemodelan.