Hasil Penilaian Kinerja dan Capaian Kompetensi Guru (SMAN 2 Banjarmasin dan SMAN 13 Banjarmasin)

  • Rusnailah Rusnailah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat ditentukan oleh banyak faktor, antara lain oleh faktor guru, siswa, sarana dan prasarana, lingkungan pendidikan, dan kurikulum. Dari beberapa faktor tersebut, faktor guru dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah menempati kedudukan yang sangat penting. Untuk mengukur keberhasilan sebuah proses pembelajaran diperlukan suatu evaluasi secara terus menerus melalui kegiatan evaluasi kinerja guru oleh setiap sekolah terhadap keseluruhan indikator keberhasilan guru dalam pembelajaran. Atas dasar pemikiran tersebut, perlu dilaksanakan analisis hasil pelaksanakan evaluasi kinerja yang dilaksanakan oleh setiap sekolah, untuk mendapatkan gambaran secara rinci dan spesifik tentang indikator keberhasilan dan kekurangan guru terhadap kompetensi profesi guru yang terdiri atas kompetesi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat capaian kompetensi profesi guru berdasarkan pertimbangan kepangkatan seseorang. Hasil evaluasi dapat menjadi bahan pertimbangan dan acuan setiap pengawas sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selaku pembina satuan pendidikan. Selain itu, hasil penilaian kinerja juga dapat kerangka acuan bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Pembina dalam menyusun program pembinaan, melaksanakan dan menetapkan sasaran pelaksanaan supervisi akademik di sekolah tersebut.

Published
2019-04-20
How to Cite
Rusnailah, R. (2019). Hasil Penilaian Kinerja dan Capaian Kompetensi Guru (SMAN 2 Banjarmasin dan SMAN 13 Banjarmasin). Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v14i1.638
Section
Articles
Abstract viewed = 279 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 324 times