Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Guru SD Negeri di Banjarmasin Timur
Abstract
Tantangan global memerlukan guru-guru yang mempunyai produktivitas kerja yang tinggi. Dalam penyelenggaraan pendidikan, guru memiliki sejumlah tugas untuk mencapai produktivitas kerjanya. Produktivitas kerja guru adalah suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan/kemajuan dari guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sebelum penelitian, dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada angket terhadap 30 orang. Sampel penelitian adalah guru SD Negeri di Banjarmasin Timur sebanyak 111 orang dengan menggunakan rumus Taron Yamane dan penarikan sampel dilakukan secara proporsional random sampling. Sebelum data dianalisa menggunakan regresi linier serhana dilakukan transformasi data terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa ada pengaruh antara Supervisi terhadap Produktivitas Kerja Guru. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 33.669 dengan taraf sig. .000. Adapun persamaan regresi dari variable tersebut adalah y = -290.018 + 3.816X yang berarti bahwa apabila kegiatan Supervisi (X) tidak dilaksanakan, maka produktivitas kerja guru (Y) adalah sebesar -290,018. Apabila kegiatan Supervisi dilaksanakan di sekolah, maka produktivitas kerja guru adalah sebesar 3,816 dengan nilai R2 menunjukkan bahwa Supervisi memberikan kontribusi terhadap variabel Produktivitas Kerja Guru sebesar 91,2% dan sisanya sebesar 8,8% diberikan oleh variabel lain.