Pengembangan perangkat pembelajaran Biologi Model KNOS-KGS pada konsep ekosistem kelas X semester genap

  • Rezky Nefianthi
Keywords: perangkat pembelajaran,, model KNOS-KGS,, validitas

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran Biologi, namun banyak perangkat pembelajaran yang digunakan saat ini belum dapat mengukur hasil belajar siswa secara keseluruhan (kognitif, afektif dan psikomotor). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi Model KNOS-KGS yang validyang mengacu pada model pemecahan masalah pendidikan (Plomp,1997), yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi, dan revisi. Produk perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, LKBS, Buku Materi Siswa, Buku Petunjuk Guru, THB dan Lembar Penilaian Proses.Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah Valid, sesuai kriteria penelitian 3,5 ≤ validitas perangkat< 4,5valid.

Published
2016-06-06
How to Cite
Nefianthi, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran Biologi Model KNOS-KGS pada konsep ekosistem kelas X semester genap. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v11i1.429
Section
Articles
Abstract viewed = 145 times
PDF downloaded = 362 times