Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis melalui bimbingan berbasis lembar kerja di SMP Negeri 7 Banjarmasin

  • Abdul Hamid
Keywords: instrument penilaian bentuk tertulis,, lembar kerja

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Instrumen Penilaian Bentuk Tes Tertulis Melalui Bimbingan Berbasis Lembar Kerja (LK) di SMP  Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk  mendapatkan informasi tentang penerapan model Bimbingan Berbasis Lembar Kerja dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis di SMP Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Banjarmasin dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan tahapan kegiatan mulai perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Data berupa  kompetensi yang dicapai guru dalam menyusun tes bentuk tertulis diperoleh dengan melakukan penskoran terhadap hasil kerja guru dalam bentuk lembar kerja (LK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Bimbingan Berbasis Lembar Kerja (LK) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis di SMP Negeri 7 Banjarmasin.

Published
2017-12-04
How to Cite
Hamid, A. (2017). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis melalui bimbingan berbasis lembar kerja di SMP Negeri 7 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v12i2.352
Section
Articles
Abstract viewed = 368 times
PDF downloaded = 356 times