Hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Type Student Teams Achievement Division (STAD) konsep sistem gerak pada manusia di kelas VIII E SMP Negeri 4 Banjarmasin
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Student Teams Achievent Division (STAD) pada konsep Sistem Gerak Pada Manusia di kelas V111 E SMP Negeri 4 Banjarmasin dengan tujuan ingin mengetahui sejauh mana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Student Teams Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, keterlaksanaan guru dalam pembelajaran serta respon siswa terhadap pembelajaran IPA siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin.Penelitian ini dilaksanakan dengan metode rancangan tindakan kelas, subyek penelitian adalah siswa kelas V111 E SMP Negeri 4 Banjarmasin yang berjumlah 32 yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 16 anak perempuan, yang dibagi 8 kelompok. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa konsep Sistem Gerak Pada Manusia di kelas V111 E di SMP Negeri 4 Banjarmasin yang sangat signifikan terbukti dari fakta yaitu nilai rata-rata secara klasikal pada pre test 21,87% pada siklus 1 dan pos test 68,75% sedangkan pada siklus 2 pre test 31,25% dan pos test 90,63%. Untuk keaktifan siswa sudah baik karena dari 9 parameter terdapat 5 parameter lebih dari 10% ,keterlaksanaan guru dalam pembelajaran pada siklus 1 3,76% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 3,94% dan respon siswa baik pada siklus 1 dan sikls 2 sudah baik. Dengan demikian dengan Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD membantu meningkatkan hasil belajar dan memudahkan siswa untuk memahami konsep Sistem Gerak Pada Manusia.