Penerapan Coaching untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik pada SMP Binaan Dinas Pendidikan kota Banjarmasin
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan pendekatan coaching adalah suatu proses membantu seseorang agar bisa belajar sehingga terjadi perkembangan dalam dirinya dan diikuti peningkatan kinerjanya. Penelitian ini dilaksanakan pada 3 (tiga) sekolah binaan peneliti yaitu SMP Anggrek Banjarmasin, SMP Kristen Kanaan Banjarmasin, dan SMP Muhammadiyah 2 Banjarmasin yang dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai dengan April 2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik akan meningkat melalui coaching pada SMP binaan Dinas Pendidkan Kota Banjarmasin? Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, metode dokumentasi, dan melalui kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dipilah menjadi dua yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik melalui coaching. Dengan dilengkapinya dokumen supervisi akademik yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut pada masing-masing kepala sekolah. Peningkatan secara signifikan dapat dilihat dari 66,67% pada siklus I, meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Disarankan agar Pengawas sekolah: 1). dapat menerapkan teknik coaching kepada kepala sekolah binaannya dalam melengkapi dan melaksanakan supervisi akademik di sekolah; 2). senantiasa melakukan berbagai inovasi dalam kegiatan pengawasan dalam rangka peningkatan kompetensi kepala sekolah yang pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya kualitas pembelajaran.