Meningkatkan sikap kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn melalui penerapan media Edmodo kelas XI a multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin

  • Rifqah Rifqah
Keywords: Sikap Kemandirian,, Hasil Belajar Siswa dan Media Edmodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk (1) Mendeskripsikan pembelajaran PPKn melalui penerapan media Edmodo (2) mengetahui tingkat keefektifan penerapan media Edmodo dalam memperkuat sikap kemandirian belajar siswa (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI A Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin melalui penerapan media Edmodo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data melalui test tertulis bentuk pilihan ganda. Sampel penelitiannya adalah kelas XI A MM sebagai kelas eksperimen dan XI A PM sebagai kelas kontrol.  Hasil Penelitian  menunjukkan  penerapan media Edmodo dalam pembelajaran PPKn pada kelas XI A Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin dapat meningkatkan sikap kemandirian dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dapat dilihat pada pencapaian hasil belajar sebelum mendapatkan treatment kelas XI A Multimedia 14 siswa ( 41,18% ) sesuai KKM, setelah dilakukannya treatment selama tiga kali pertemuan dalam pembelajaran terdapat 34 ( 100% ) siswa yang mendapatkan nilai sesuai dengan KKM. Rerata nilai dari 70,78 menjadi 89,90 mengalami peningkatan 19,02. Untuk kelas kontrol meskipun jumlah siswa yang tuntas meningkat, tetapi dari hasil rata-rata kelas lebih rendah dari kelas eksperimen, mengalami peningkatan dari 70,99 menjadi 81,85  yaitu 10,86.  Data ini menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan media Edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI A Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin

Published
2018-12-03
How to Cite
Rifqah, R. (2018). Meningkatkan sikap kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn melalui penerapan media Edmodo kelas XI a multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v13i2.334
Section
Articles
Abstract viewed = 134 times
PDF downloaded = 154 times