Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Nilai Musyawarah (Syura) Melalui Model Problem Based Learning (PBL)
Abstract
Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Profil pelajar di madrasah disempurnakan lagi menjadi profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin, yaitu profil pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia. Profil pelajar tersebut merupakan tujuan akhir segala pembelajaran, program dan kegiatan di satuan pendidikan khususnya madrasah. Best practice ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana penguatan profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong dan profil pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin nilai musyawarah (syura) melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika. Hasil best practice menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat memberi penguatan karakter dimensi gotong royong dan musyawarah dengan katagori sangat baik.