Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar

  • Muhammad Reza Arviansyah Universitas Sriwijaya
  • Ageng Shagena Universitas Sriwijaya
Keywords: Efektivitas, Peran Guru, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Efektivitas dalam pembelajaran tentunya merupakan hal yang penting, namun jika dilihat dari perkembangan yang ada dalam dunia pendidikan dan juga peran guru yang semakin berubah saat ini maka sangat penting sekali untuk membahas efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Guru sebagai penggerak merdeka belajar, berarti seorang guru yang dituntut untuk mampu bersikap aktif dan semangat, kreatif, inovatif serta terampil guna menjadi fasilitator penggerak perubahan di sekolah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas mengenai efektivitas pembelajaran dan peran dari guru itu sendiri khususnya pada penggunaan kurikulum merdeka belajar seperti pada saat sekarang ini. Kemudian terkait sumber data yang digunakan merupakan bentuk litelatur yang terkait dengan tema, baik itu berupa buku, artikel, jurnal, dan sumber tulisan lainnya yang berada di internet. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan atau library research dengan mencari dan mengumpulkan sumber-sumber yang relevan, kemudian menyaring sumber yang paling relevan dengan tema yang akan dikaji atau diangkat, selanjutnya membuat kesimpulan dan mencatat berbagai hal-hal yang penting, dan barulah nanti diimplementasikan di dalam bentuk tulisan.

Published
2022-02-28
How to Cite
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar . Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40 - 50. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803
Section
Articles
Abstract viewed = 27564 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 20707 times

Most read articles by the same author(s)