Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 5 Jatiguwi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode Role Playing pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan di SDN 5 Jatiguwi. Penelitian ini perlu dilakukan karena keaktifan belajar siswa masih kurang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap akhir siklus dilakukan refleksi sebelum melanjutkan ke siklus berikutnya. Intrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pencapaian apabila jumlah keaktifan siswa mencapai 75% dari jumlah indikator yang sudah dirumuskan dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa mencapai 75% dari jumlah keseluruhan aktivitas pembelajaran. Data yang sudah diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hal ini ditunjukan dari hasil keaktifan siswa pada siklus I, 30% siswa tuntas dan 70% siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 66. Berdasarkan lembar keterlaksanaan guru dan siswa, pada siklus I pertemuan pertama keterlaksanaan pembelajaran yang dicapai guru 90% dan siswa 85%. Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua keterlaksanaan pembelajaran yang dicapai guru 93% dan siswa 86%. Hasil keaktifan siswa pada siklus II, menunjukan 90% siswa tuntas dan 10% siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan lembar keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa, pada siklus II yang dicapai oleh guru adalah 100% dan siswa 95%. Berdasarkan perolehan data tersebut maka penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN 5 Jatiguwi. Penerapan metode Role Playing dapat menciptakan pembelajaran IPS yang menyenangkan bagi siswa, karena siswa akan terlibat aktif dalam pembelajaran.