Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 Melalui Fitur Aplikasi Zoom di SDN Harapan Masa 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting selama masa pandemi covid 19 di SDN Harapan Masa 2 Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan model dari Elliot. Penelitian dilaksanakan di SDN Harapan Masa Tapin 2 Selatan pada tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian adalah guru I, II, III, IV dan V. Objek penelitian adalah kinerja guru selama proses pembelajaran di rumah yang dilakukan secara daring menggunakan Zoom Meeting. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Zoom Meeting yang digunakan dalam pembelajaan secara daring selama masa pandemi covid-19 dapat meningkatkan kinerja guru. Hasil observasi terhadap ketepatan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam mengikuti kelas melalui aplikasi Zoom terhadap guru I, II, III, IV dan V mengalami peningkatan sebeser 17%. Hasil observasi terhadap keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui Zoom meningkat sebanyak 19%. Hasil observasi terhadap nilai peserta didik meningkat sebanyak 15%. Melalui upaya yang dilakukan guru ini dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik layaknya melaksanakan proses pembelajarn tatap muka di sekolah.