Peningkatan Mengajar Guru Dengan Penerapan Aplikasi Google Education Pada Pembelajaran Daring di SMPN 1 Rantau

  • Muhammad Kamil Shorih SMPN 1 Rantau
Keywords: Google Education, Kinerja Guru Siswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Pembelajaran daring selama masa pandemic covid-19 mengharuskan siswa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Keadaan ini juga menuntut guru untuk selalu aktif dalam merancang proses pembelajaran agar tetap efesien hingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.  Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan mengajar guru dengan penerapan aplikasi google education pada pembelajaran daring di SMPN 1 Rantau; dan 2)  mendeskripsikan peningkatan  hasil belajar siswa pada materi teks diskusi dengan menerapkan aplikasi google education. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat tahap, meliputi: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumen. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Aplikasi google education  dapat meningkatkan kinerja mengajar guru di kelas VIII.A SMPN 1 Rantau. Hal ini terbukti berdasarkan hasil tes hasil  belajar siswa pada pra siklus skor nilai siswa sebesar 2,4 dengan kategori “kurang baik” dan pada siklus I diperoleh skor sebesar 3,3 dengan kategori “cukup baik” dan skor hasil belajar pada siklus II sebesar 4,0 dengan kategori “baik”. VIII.A SMPN 1 Rantau mengalami peningkatan pada setiap indikatornya; 2) Hasil belajar siswa meningkat pada materi teks diskusi dengan menerapkan aplikasi google education dengan game Quiziz. Dampak yang diperoleh siswa dari diterapkan Game Quiziz yaitu siswa yang semula yang tidak aktif dan malas mengikuti proses pembelajaran kini sudah terlihat aktif  saat proses pembelajaran daring berlangsung, siswa yang jarang bertanya kini sudah berani untuk bertanya, siswa yang semula malas dalam menanggapi materi pembelajaran, siswa kini sudah aktif dalam menanggapi materi pembelajaran.

Published
2021-11-04
How to Cite
Shorih , M. K. (2021). Peningkatan Mengajar Guru Dengan Penerapan Aplikasi Google Education Pada Pembelajaran Daring di SMPN 1 Rantau. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 33 - 42. https://doi.org/10.33654/jpl.v16i2.1503
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 59 times