Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

  • I Wayan Juliawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Pande Wayan Bawa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
Keywords: Dampak Covid, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran daring di rumah pada siswa Sekolah Dasar (SD) akibat dari adanya pandemik COVID-19. Penelitian menggunakan penelitian kepustakaan dimana dalam mengumpulkan informasi data dengan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam sumber yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, dan berita. Kriteria artikel dan berita yang dipilih yaitu adanya pembahasan tentang dampak COVID-19 dan pembelajaran daring di sekolah dasar. Dari 15 sumber yang didapatkan, kemudian dipilih yang paling relevan dan diperoleh 4 artikel dan 7 berita yang dipilih. Hasil dalam penelitian, menunjukkan bahwa dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar dapat terlaksanakan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil data 4 artikel dan 7 berita yang menunjukan bahwa dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di SD dapat terlaksana dengan cukup baik apabila adanya kerjasama antara guru, siswa dan orang tua dalam belajar di rumah.

Published
2021-11-01
How to Cite
Juliawan, I. W., & Bawa, P. W. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 14 - 22. https://doi.org/10.33654/jpl.v16i2.1501
Section
Articles
Abstract viewed = 110 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 103 times