Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Platform Quizizz
Abstract
Bilangan pecahan dalam konteks matematika adalah bilangan yang tediri dari pembilang dan penyebut. Materi bilangan pecahan ini di pelajari dalam beberapa submateri sehingga menyebabkan tingkat pemahaman konsep yang mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep matematika tentang bilangan pecahan peserta didik cukup sulit. Platform Quizizz merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang pada dasarnya dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep peserta didik secara interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan pada 22 peserta didik kelas VIII SMPN 32 Jakarta dengan menggunakan 10 soal konseptual yang diklasifikasikan ke dalam tiga materi yaitu, penentuan pecahan, pengurangan dan penjumlahan pecahan dan perkalian pecahan. Pengambilan data pemahaman kosep bilangan pecahan dilakukan melalui kuis yang disajikan dengan platform Quizizz. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan pemahaman konsep peserta didik terhadap bilangan pecahan adalah 56%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik berada pada kategori sedang.