Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Cahaya dari Utara Intan Ophelia Binti (Kajian Sosiologi Sastra)

  • Fajarika Ramadania Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
  • Haris Supratno Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
  • Tengsoe Tjahjono Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Nilai, Pendidikan, Novel, Sosiologi Sastra

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan dalam novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Cahaya dari Utara; (2) mendeskripsikan nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Cahaya dari Utara; (3) mendeskripsikan nilai pendidikan budaya yang terkandung dalam novel Cahaya dari Utara; (4) mendeskripsikan nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam novel Cahaya dari Utara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel yang berjudul Cahaya dari Utara karya Intan Ophelia Binti, diterbitkan oleh Tahura Media cetakan pertama 2016 dengan tebal buku 255 halaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi teks dan teknik analisis data adalah deskkriptif interpretatif.

Published
2021-05-31
How to Cite
Ramadania, F., Supratno, H., & Tjahjono, T. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Cahaya dari Utara Intan Ophelia Binti (Kajian Sosiologi Sastra). Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 46 - 56. https://doi.org/10.33654/jpl.v16i1.1370
Section
Articles
Abstract viewed = 189 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 124 times