Pelaksanaan Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin
Abstract
Kemdikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan belajar dari rumah masing-masing (Study From Home/SFH). Kebijakan ini kemudian dikenal dengan nama pembelajaran daring/dalam jaringan. Salah satu program studi yang ada di STKIP PGRI Banjarmasin adalah program studi pendidikan matematika. Tentu saja dosen pendidikan matematika harus mampu melakukan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran matematika di masa pandemi ini. Alam pelaksanaan ternyata dijumpai berbagai problematika Maka pada penelitian ini, peneliti ingin mendeskripsikan problematika pembelajaran daring progrma studi pendidikan matematika STKIP PGRI Banjarmasin Tahun Akademik 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.. Subyek dalam penelitian ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin yang berjumlah 54 orang. Teknik mengumpulkan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring adalah sinyal internet, kouta internet, dan perangkat keras untuk mendukung pembelajaran daring.