Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Course Review Horay dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Bangun Ruang menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dengan Media Bangun Ruang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Handil Bakti Kec. Alalak Kab. Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/C yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dimana 100% berada dalam klasifikasi aktif dan sangat aktif. Hasil belajar juga terjadi peningkatan dimana pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan klasikal 43,75%, siklus I pertemuan 2 ketuntasan klasikal 78,12%, siklus II pertemuan 1 ketuntasan klasikal 86,7%, dan siklus II pertemuan 2 ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dengan Media Bangun Ruang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Bangun Ruang.