Profil Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Gender
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematis dan gender pada materi sistem persamaan linear. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi laki-laki dan perempuan, siswa yang memiliki kemampuan sedang laki-laki dan perempuan dan siswa yang memiliki kemampuan rendah laki-laki dan perempuan. Pemecahan masalah yang digunakan berdasarkan pemecahan masalah Polya dengan memperhatikan indikator kreativitas siswa yaitu kefasihan, fleksibilitas serta kebaruan.Kegiatan penelitian dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika. Nilai tes dijadikan sebagai acuan kemampuan siswa. Siswa dikelompokkan dalam tiga kemampuan berdasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran matematika yaitu: 80(Kemampuan tinggi), 60(Kemampuan sedang) dan 0(kemampuan rendah). Selain itu akan dipih siswa yang komunikatif. Kemudian dilanjutkan dengan tugas pemecahan dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu yang berbeda. Kemudian, data yang valid dianalisis untuk menarik kesimpulan. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek laki-laki dan perempuan yang memiliki kemampuan tinggi hanya memenuhi dua indikator kreativitas yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Sedangkan subjek yang laki-laki dan perempuan yang memiliki kemampuan sedang juga memenuhi dua indikator kreativitas yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Sedangkan subjek laki-laki dan perempuan yang memiliki kemampuan rendah tidak memenuhi indikator kreativitas. Namun dari perbedaan jenis kelamin tersebut memiliki perbedaan yaitu subjek perempuan lebih kreatif dan lancar dalam menyampaikan ide dan gagasan.