Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Kapuas
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam menicptakan proses kegiatan belajar mengajar yang aktif, menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah yang bertahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah binaan di Kabupaten Kapuas mulai tanggal 13 Januari 2020 sampai dengan tanggal 29 Februari 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru pada silus II mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 80%. Data hasil penelitian menunjukkan 10 orang guru memiliki kriteria kreativitas sangat baik. Secara umum guru mata pelajaran Bahasa Indonesia diharapkan memiliki kreativitas yang baik dalam proses belajar mengajar yang meliputi perencanaan, pembelajaran, kemampuan melaksanakan, pengelolaan pembelajaran, penilaian dan tindak lanjut hasil belajar yang dihasilkan oleh siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas bukanlah sesuatu yang diperoleh dengan mudah karena membutuhkan pengalaman, praktik bahkan arahan yang tepat agar terlatih menjadi guru yang kreatif.