Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Memproduksi Teks Editorial Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Karikatur Konteks Sosiokultural di Kelas XII C Multimedia SMKN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Siti Norhidayah SMKN 1 Banjarmasin
Keywords: Editorial, Karikatur, Sosiokultural

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hasil belajar siswa pada pembelajaran memproduksi teks editorial pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media karikatur konteks sosiokultural di kelas XII C Multimedia SMKN 1 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran media karikatur konteks sosiokultural. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII C Multimedia pada meteri memproduksi teks editorial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi pengolahan pembelajaran media karikatur konteks sosiokultural, observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes formatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 79,14% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 81,71%. Dengan demikian penilitian dengan media karikatur konteks sosiokultural dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan materi memproduksi teks editorial.

Published
2020-03-16
How to Cite
Norhidayah, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Memproduksi Teks Editorial Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Karikatur Konteks Sosiokultural di Kelas XII C Multimedia SMKN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 78-87. https://doi.org/10.33654/jpl.v15i1.1008
Section
Articles
Abstract viewed = 364 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 305 times