Peningkatan Kemampuan Mementaskan Drama Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 1 Anjir Pasar Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Belajar lebih dari sekedar mengingat, bagi siswa untuk benar-benar mengerti dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan. Mereka harus bekerja keras untuk memecahkan masalah, menemukan sesuatu bagi dirinya sendiri dan selalu bergulat dengan ide-ide. Tugas pendidikan tidak hanya menuangkan dan menjelaskan sejumlah informasi ke dalam benak siswa, tetapi mengusahakan bagaimana agar konsep-konsep dalam pelajaran dapat ditermia dan dipahami dengan mudah oleh siswa. Dari permasalahan di atas maka perlu dicari suatu stratego, model ataupun media pembelajaran yang tepat. Media yang tepat dalam pembelajaran pementasan drama adalah media audio visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 SMAN 1 Anjir Pasar Batola pada semester I pada tahun ajaran 2017/2018, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, amgket untuk memperoleh data siswa, dan observasi yang dignakan untuk memperoleh data mengenai aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 76,92% pada siklus I menjadi 92,31% pada siklus II. Hal ini telah memenuhi batas ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebesar 85%. Dan untuk aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari 3,19 (kategori baik) pada siklus I menjadi 3,69% (kategori baik) pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya dan guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pembelajaran mementaskan drama melalui media audio visual.