Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Pada Konsep Tata Surya Dengan Pendekatan Sainstifik
Abstract
Prestasi belajar siswa secara umum masih di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Keterampilan proses siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung dalam pembelajarn IPA (Biologi) masih sangat rendah. Hal ini karena siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Ditambah lagi dengan model pembelajaran secara konstektual dengan kehidupan sehari-hari belum sering diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa,meningkatkan aktifitas guru, meningkatkan keterampilan proses sains, meningkatkan aktifitas siswa dan mengetahui respon siswa terhadap materi Sistem Tata Surya melalui model pembelajaran pendekatan saintifik. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung, yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan angket.
Model Pembelajaran saintifik dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa. Pada siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 55,9 dengan kategori Sangat Kurang dan pertemuan ke 2 menjadi 62,96 dengan kategori Kurang. Meningkat pada siklus II pertemuan ke 1 sebesar 72,2 dengan kategori Cukup dan pertemuan ke 2 menjadi 77.62 dengan kategori Cukup. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 pertemuan 1 ketuntasan klasikalnya sebesar 20.24% dan pertemuan 2 ketuntasan klasikalnya sebesar 72,22%. Pada siklus II pertemuan 1 ketuntasan klasikalnya sebesar 44.45% dan pertemuan 2 ketuntasan klasikalnya sebesar 76.11%. Keterlaksanaan proses pembelajaran yang dikelola oleh guru meningkat dari siklus I ke siklus II 41,98% dengan kategori kurang menjadi 80,05% dengan dengan kategori Sedang. Dari hasil pemberian angket maka dapat diketahui bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik.