Pengembangan LKBS Model Pembelajaran KNoS-KGS Pada Materi Sistem Koordinasi SMA Negeri 13 Banjarmasin
Abstract
Proses pembelajaran peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan pada kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi, otak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Metode ceramah dan hafalan merupakan metode yang sampai saat ini masih sering digunakan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode dan media yang digunakan oleh guru. Padahal di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) guru dapat menggunakan berbagai media yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas LKBS berbasis KNoS-KGS, kepraktisan hasil pengembangan LKBS berbasis KNoS-KGS, dan keefektifan hasil pengembangan LKBS berbasis KNoS-KGS. Berdasarkan pernyataan penelitian, dan tujuan penelitian yang diajukan, maka penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Development and research). Penelitian ini mengembangkan LKBS yang terintegrasi dengan model pembelajaran KNoS-KGS, yang valid, praktis, dan efektif.