Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Kelas XI SMA PGRI di Kota Banjarmasin

  • Ana Maulida SMP Negeri 5 Tamban
  • Ria Mayasari STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Hasil Belajar, RQA, Sistem Koordinasi

Abstract

Dunia pendidikan merupakan aspek kehidupan di masyarakat yang dihadapkan pada berbagai perubahan. Melalui perubahan ini, dunia pendidikan dituntut mampu untuk memberikan pendidikan nyata, yaitu berupa peningkatan kualitas hasil belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran agar diperoleh peningkatan hasil belajar siswa khususnya pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPA SMA PGRI di Kota Banjarmasin. Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan model rancangan yang dikenal dengan “nonequivalent pretest-posttest control group design”, penentuan sampel menggunakan rendem sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik SPSS Anava versi 17 for windows. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran  Reading Questioning and Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA PGRI di kota Banjarmasin.

 

Published
2019-09-30
Section
Articles
Abstract viewed = 486 times
PDF downloaded = 644 times