Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Jaringan Dan Organ Pada Hewan Dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Mandastana

  • Muhammad Jumaidi SMAN 1 Mandastana Barito Kuala
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Model STAD

Abstract

Belum tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Biologi (73) pada penilaian hasil belajar pokok bahasan Jaringan dan Organ pada Hewan di semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018, melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Masalah ini coba diselesaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan Model Student Teams Achievement Division (STAD), dimana STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengarahkan siswa pada kegiatan kelompok, sehingga terjadi interaksi positif yang akan meningkatkan hasil belajar siswa.

            PTK ini dilaksanakan dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah kegiatan pembelajaran Model STAD. Setting penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Mandastana  dengan jumlah siswa 36 orang (15 orang laki-laki dan 21 orang perempuan). Pada tahun Pelajaran 2018/2019 Semester 1. Data diperoleh melalui lembar tes hasil belajar, yang kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dan dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata kelas  32,9 pada siklus 1 pertemuan 1 dan 54,6 pada siklus 1 pertemuan 2, serta pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 80,6. Adapun ketuntasan individu dari 0% siswa yang tuntas pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 5 siswa pada siklus 1 pertemuan 2 atau 14% dan pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 28 orang siswa atau 77% yang tuntas.

Published
2019-06-24
Section
Articles
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 26 times