Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tapin Selatan Pada Konsep Pencemaran Lingkungan

  • Sutiyah Madrasah Ibtidaiyah Assuniyyah
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Konsep Pencemaran Lingkungan

Abstract

Rendahnya kualitas proses pembelajaran salah satunya karena penggunaan metode mengajar yang monoton dan tidak bervariasi, sehingga guru masih kurang memperhatikan karakteristik setiap pokok bahasan dalam menerapkan model-model pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapin Selatan pada Konsep Pencemaran Lingkungan.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapin Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal berbentuk essay dan nontes berupa lembar observasi penilaian siswa sikap afektif dan psikomotor. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena berdasarkan analisis data kedua kelompok dianalisis dengan menggunakan uji-t, sehingga diperoleh thitung = 4,859 dan ttabel pada taraf signifikan (α = 0,05) sebesar 2,086 (thitung > ttabel). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan.

Published
2019-06-24
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times