Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem

  • Muhammad Ilmi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Lagiono Lagiono STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam melahirkan peserta didik yang cerdas serta mempunyai kompetensi dan skill untuk dikembangankan ditengah-tengah masyarakat, untuk mewujudkan hal demikian tidak terlepas dari faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam pendidikan. Salah satu faktor penentu utamanya adalah kemampuan guru mengunakan metode  dalam proses pembelajaran.  Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pembelajaran Biologi di SMAN 2 Kandangan masih bersifat teoritis dan kurang menggunakan fakta-fakta atau permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa terutama, pada materi “Ekosistem”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA SMAN 2 Kandangan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA di SMAN 2 Kandangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan mengadakan pre test dan post test, lembar observasi untuk siswa dan guru, dan angket untuk respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan uji hipotesis One Way Anova dengan SPSS 1.7 for Windows.Hasil uji hipotesis One Way Anova pada hasil belajar kognitif menunjukkan nilai F sebesar 77,34 dengan nilai Sig 0,00 atau kurang dari 0,05, dan pada berpikir kritis menunjukkan nilai F sebesar 67,17 dengan nilai Sig 0,00 atau juga kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa kelas X MIA SMAN 2 Kandangan.

Published
2019-05-20
Section
Articles
Abstract viewed = 9 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 7 times