Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

  • Farida Kusumawati STKIP PGRI Banjarmasin
  • Rabiatul Adawiyah STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis

Abstract

IPA sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MTs Negeri Muara Uya, materi pembelajarannya sudah menyesuaikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan. Materi pembelajaran yang akan diajarkan pada kelas VII  MTs Negeri Muara Uya  semester genap  salah satunya yaitu pencemaran lingkungan. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran biologi saat menyampaikan materi pencemaran lingkungan  masih bersifat teoritis. Seharusnya dalam pembelajaran biologi menggunakan fakta-fakta atau permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh moel pembelajaran PBL terhahap keterampilan berpikir kritis siswa yang mencakup 5 indikator yakni:  mendeduksi, menginduksi, mengevaluasi, menganalisis serta memutuskan dan melaksanakan.

Metode penelitian ini mengunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan pretest-postest. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anava satu jalur.Hasil penelitian uji Hipotesis dengan mengunakan Uji Anava 1 jalur  yang memperoleh nilai signifikan p≤0,05   menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Leraning berpengaruh dalam  mengembangkan serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTsN Muara Uya ternyata lebih efektif dibandingkan dengan model (konvensional) pada konsep Pencemaran Lingkungan. Model pembelajaran Problem Based Learning  merupakan model yang diawali dengan penyajian masalah yang bersifat kompleks, berhubungan dengan realita dunia manusia, namun dalam konsep pembelajaran yang ditargetkan untuk dikuasai siswa.

Published
2019-03-11
Section
Articles
Abstract viewed = 618 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 887 times