Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTs di Kecamatan Paringin Selatan Pada Konsep Ekosistem

  • Siti Noor Janah Guru MTs Al-Mu’awwanah
  • Ria Mayasari STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru menyebabkan rasa jenuh dan bosan pada siswa yang berpengaruh terhadap pemahaman materi yang tidak maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep ekosistem terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII MTs di Kecamatan Paringin Selatan. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan model rancangan “non random pretest posttest control group”. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs sekecamatan Paringin Selatan. Sampel yang menjadi kelas kontrol adalah kelas VII dari MTs Al-Hidayah dan kelas eksperimen adalah kelas VII dari MTs Al-Mu’awwanah. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis varian (anava) dengan program SPSS versi 23 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis One Way Anova menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Published
2019-03-20
Section
Articles
Abstract viewed = 196 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 334 times