Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin Pada Konsep Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri
Abstract
Pembelajaran Ekosistem di kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin sebagian besar masih dilakukan secara konseptual. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan tujuan dari disajikannya mata pelajaran Biologi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan proses, hasil belajar, respon siswa, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan pengelolaan pembelajaran terhadap kegiatan konsep Ekosistem menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, Masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan setara dengan 3 jam pelajaran. Pada Siklus I membahas Ekologi, ekosistem, komponen penyusun Ekositem dan Pola Interaksi, Siklus II membahas tentang Piramida ekologi dan Daur Biogeokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuirih dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XMipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin pada konsep Ekosistem. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar kognitif produk siswa pada Siklus I sebesar 69,4% dan pada Siklus II sebesar 97,2%. Hasil belajar kognitif proses siswa pada Siklus I sebesar 75,5 dan pada Siklus II sebesar 81,3, ini menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pada hasil keterampilan proses siswa selama pembelajaran pada Siklus I dan Siklus II tergolong baik. Proses pembelajaran sudah berpusat pada siswa, pembelajaran ini mendapat respon yang positif dari siswa.