Penggunaan Model Inkuiri Pada Konsep Sistem Reproduksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Tanjung
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 3 Tanjung menunjukkan bahwa pembelajaran sains saat ini kurang mengedepankan keterampilan proses sains dan berada di bawah KKM, padahal aspek keterampilan proses sains merupakan dasar utama pembelajaran sains. Keterampilan proses sains sangat penting bagi setiap peserta didik sebagai bekal untuk menggunakan metode ilmiah dalam mengembangkan sains. Mengatasi hal tersebut perlu adanya perubahan dalam pembelajaran misalnya dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran agar keterampilan-keterampilan peserta didik lebih terlatih. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains, hasil belajar peserta didik, kinerja guru melaksanakan kegiatan pembelajaran serta respon peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI SMAN 3 Tanjung yang berjumlah 15 orang, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, test dan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif.