Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kelas VII C SMP Negeri 1 Kusan Hilir Dengan Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang guru IPA di SMP Negeri 1 Kusan Hilir, dalam proses pembelajaran khususnya tentang Ekosistem, peserta didik jarang melakukan kegiatan eksperimen, tidak melakukan pembelajaran secara berkelompok sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Pembelajaran seperti ini menyebabkan kurangnya kreativitas dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berdampak pada ketuntasan klasikal yang hanya mencapai 60% dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 85%.. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kusan Hilir yang berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 14 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif.