Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sain Siswa MTsN Pada Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup
Abstract
Proses pembelajaran IPA siswa perlu dilatih untuk mengembangkan sejumlah keterampilan ilmiah yang sering disebut sebagai Keterampilan Proses Sains (KPS). Untuk maksud tersebut maka siswa harus dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran agar mereka dapat belajar secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan yang sedang disajikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Sainstifik terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa kelas VII MTsN 2 Batang Alai Selatan pada konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian ekperimen kuasi dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh thiting sebesar 6,82 sedangkan ttabel sebesar 2,09 sehingga thitung > ttabel yang menunjukan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa (KPS) pada konsep keanekaragaman mahluk hidup. Kata Kunci: Pendekatan Sainstifik, Keterampilan Proses Sains, Keanekaragaman Makhluk Hidup