Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Daha Selatan Pada Konsep Ekosistem
Abstract
Pendidikan yang memiliki kualitas yang baik, harus ditopang oleh kemampuan guru dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar dalam kelas. Guru harus menguasai metode-metode pembelajaran yang aktif dan interaktif agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan bermakna. Pembelajaran melalui inkuiri terbimbing (guided Inquiry) mengarahkan siswa untuk menemukan konsep-konsep sains sendiri. Artinya, siswa tidak hanya pasif sebagai penerima konsep, melainkan aktif untuk menemukan suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep ekosistem. Jenis penelitian ini quasi experiment yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t, yang sebelumnya dilakukan terlebih dahulu Uji persyaratan yang diperlukan yaitu uji normalitas dan uji kesamaan varians (uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa untuk hasil uji kesamaan dua rata-rata posttes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh 2,878 dan 2,086 ( pada taraf signifikan ( . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa.