Gambaran Umum Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 27 Banjarmasin Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif, yakni penelitian yang menggambarkan tentang aktivitas belajar siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 27 Banjarmasin, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar kelas VIIC SMP Negeri 27 Banjarmasin dengan menggunakan model PBM. Untuk memperoleh gambaran aktivitas siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) dilakukan teknik observasi. Data yang telah diperoleh dianalis secara deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) memberikan gambaran aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar mengalami perubahan yang semakin baik.