Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI di Kota Banjarmasin

  • Murni Murni SDN Sukaramai Barito Kuala

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, pendidikan juga memiliki fungsi dan  melakukan potensi untuk melakukan persiapan menghadapi perubahan dalam masyarakat sesuai dengan tuntutan era globalisasi. Pengembangan potensi siswa tidak terlepas dari proses pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan atau kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran  Reading Questioning and Answering (RQA) dalam Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA PGRI di kota Banjarmasin. Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan model rancangan yang dikenal dengan “nonequivalent prates-post test control group design”, penentuan sample menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik SPSS Anava for windows. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI di kota Banjarmasin.

Published
2018-09-20
Section
Articles
Abstract viewed = 242 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 885 times