Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Konsep Sistem Koordinasi Manusia Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin

  • Aulia Mahfuzah Guru SMPN 15 Banjarmasin
  • Ria Mayasari STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Pendidikan berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas serta mampu bersaing di era globalisasi. Namun, berdasarkan sejumlah penilaian internasional, nasional, hingga daerah dan fakta yang ditemui langsung dilapangan, siswa memberikan informasi bahwa kesadaran siswa dalam belajar masih kurang. Informasi tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan model rancangan yang dikenal dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay. Penilaian keterampilan metakognitif mengacu pada Hart (1994). Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis statistik one way anova dengan menggunakan SPSS version 24 for windows dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan model PjBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa pada konsep sistem koordinasi, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 86,95 dan kelas kontrol sebesar 76,76 dengan FHitung = 23,281 (p = 0.000 > 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin.

 

Published
2018-12-20
Section
Articles
Abstract viewed = 504 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 483 times