Hubungan Pemberian Tugas Individu Dan Kelompok Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Telaga Biru 2 Banjarmasin
Abstract
Prestasi Belajar merupakan kemampuan intelektual siswa, hal ini sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh prestasi. Berhasil tidaknya seseorang dalam belajar, dapat diketahui melalui suatu proses evaluasi pembelajaran agar dapat mengetahui prestasi yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, khususnya deskriptif korelasional. Metode deskriptif ini melibatkan pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan status atau kondisi obyek yang diteliti saat dilakukan penelitian. Berdasarkan perhitungan dapat diketahui Tugas individu dan kelompok siswa kategori rendah ada 5 orang (21%) yaitu dengan rata-rata 60. Tugas individu dan kelompok siswa kategori sedang ada 11 orang (46%) yaitu dengan rata-rata 50,0. Tugas individu dan kelompok siswa kategori tinggi ada 8 orang (33%) yaitu dengan rata-rata 44. Sedangkan hasil belajar siswa pada semester 1 yang belajarnya rendah ada 21% dengan nilai rata-rata 66,2. Hasil belajar siswa pada semester 1 yang belajarnya sedang ada 46% dengan nilai rata-rata 65,4. Hasil belajar siswa pada semester 1 yang belajarnya tinggi ada 33% dengan nilai rata-rata 70,2.