PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII G SMP NEGERI 8 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru dan menggunakan pendekatan konstektual sehingga proses belajar mengajar belum optimal. Akibatnya nilai siswa masih rendah di bawah nilai KKM yaitu 70. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model Inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Aktivitas peserta didik (2). Aktivitas guru (3). Hasil belajar dan Ketuntasan hasil belajar (4). Respon peserta didik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk multiple choise dan angket dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Adanya peningkatan dari aktivitas peserta didik (2). Adanya peningkatan dari aktivitas guru (3). Peningkatan Ketuntasan hasil belajar siswa baik secara individual ataupun klasikal. (4) Respon peserta didik positif dimana 21 siswa dari 30 siswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Asam Basa. Sehingga hasil penelitian penerapan model Inkuiri Terbimbing pada materi Asam Basa dan Garam dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan guru dengan kriteria baik, ketuntasan belajar siswa dengan kriteria tinggi, dan respon peserta didik menyatakan positif.
Kata Kunci : Model inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA peserta didik