PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII G SMP NEGERI 8 BANJARMASIN

  • Fitrianunnisa SMP Negeri 8 Banjarmasin
Keywords: Model inkuiri terbimbing,  hasil belajar IPA peserta didik

Abstract

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  pada  proses  pembelajaran  yang  hanya  berpusat pada guru dan menggunakan pendekatan konstektual sehingga proses belajar mengajar belum optimal. Akibatnya nilai siswa masih rendah di bawah nilai KKM yaitu 70. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model Inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Aktivitas peserta didik (2). Aktivitas guru (3). Hasil belajar dan Ketuntasan hasil belajar (4). Respon peserta didik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan  pada Oktober 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk multiple  choise  dan  angket  dan  teknik  analisis  data  menggunakan  rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Adanya peningkatan dari aktivitas peserta didik (2). Adanya peningkatan dari aktivitas guru (3). Peningkatan Ketuntasan  hasil belajar siswa baik secara individual ataupun klasikal. (4) Respon peserta didik positif  dimana 21 siswa dari 30  siswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Asam Basa. Sehingga hasil penelitian penerapan model Inkuiri Terbimbing pada materi Asam Basa dan Garam dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan guru dengan kriteria baik, ketuntasan belajar siswa dengan kriteria tinggi, dan respon peserta didik menyatakan positif.

 

Kata Kunci : Model inkuiri terbimbing,  hasil belajar IPA peserta didik

 

Published
2022-12-31
Section
Articles
Abstract viewed = 57 times
pdf downloaded = 30 times