UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENAATI TATA TERTIB MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS VII A MTsN 2 HSU

  • Yusmilawanti MTsN 2 Hulu Sungai Utara
Keywords: Kedisiplinan, Layanan, Teknik modelling

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kedisiplinan siswa pada kelas VII A. Disiplin merupakan salah satu kecakapan hidup yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap orang guna mencapai kesuksesan dalam hidupnya, tidak hanya kesuksesan dalam belajar tetapi juga kesuksesan dalam hidup bermasyarakat. Sikap disiplin menaati tata tertib meliputi tiga aspek yaitu: pemahaman tentang peraturan yang berlaku, sikap mental yang baik dan kesungguhan dalam menaati tata tertib. Fenomena di lapangan menunjukkan kondisi kedisiplinan siswa kelas VII A MTsN 2 HSU dalam ketiga aspek tersebut masih rendah. Melalui Penelitian Tindakan Kelas masalah ini dicoba untuk diatasi yang dilakukan oleh Guru BK melalui  layanan penguasaan konten dengan teknik modelling. PTK ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan dan pertemuan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib dan dapat mengetahui keadaan masalah siswa. Setting penelitian adalah siswa kelas VII A MTsN 2 HSU tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen keaktifan siswa, minat siswa dan skala kedisiplinan sebanyak 63 item.  Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat kedisiplinan siswa pada siklus I tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 66,6% Pada siklus II meningkat menjadi 77,6% dalam kategori tinggi. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 11%.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik modelling dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 247 times
pdf downloaded = 110 times