PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KNoS–KGS PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI LOBAN

  • Ni Kadek Sri Puspita Dewi SMAN 1 Sungai Loban
  • Rezky Nefianthi Dian STKIP PGRI Banjarmasin
  • Saidatun Ni’mah STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pengembangan RPP, Pembelajaran KNoS-KGS

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh dari guru pengajar IPA dan di SMA Negeri 1 Sungai Loban, menyatakan bahwa guru lebih dominan pada aspek pengetahuan dan bukan pemahaman konsep berpikir. Kondisi belajar yang dikembangkan guru menunjukan kegiatan siswa aktif mencari dan mengelola dalam rangka pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil belajar bertujuan untuk mengetahui validitas RPP, keefektifan RPP, dan kepraktisan RPP yang mereka peroleh hanya mencapai 80%, sehingga berada diatas ketuntasan klasikal yaitu 65%. Hal ini sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 65%. Hal ini hasil belajar IPA pada Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Model KNOS-KGS pada Konsep Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah di Kelas X SMA Negeri I Sungai Loban. Penelitian ini adalah Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di rancang dalam 4 Kali Pertemuan. Pada pertemuan 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada pertemuan 2 terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas MIA I SMA Negeri 1 Sungai Loban tahun pelajaran 2017 dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui rencana pelaksanaan pembelajaran, observasi, angket respon siswa dan angket respon guru.

Berdasarkan hasil pengembangan RPP yang dilaksanakan menggunakan Model KNOS-KGS untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada Konsep Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah. Kriteria yang diterapkan untuk menyatakan bahwa hasil validasi yang diberikan oleh validator maka diperoleh tingkat kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah, RPP nilai VA=4.3 kategori Valid. Angket Respon Siswa Terhadap Penerapan Model KNOS-KGS Rata-rata yang diperoleh 95.37% siswa yang senang materi pembelajaran dan siswa yang tidak senang 4.62%, Angket respon siswa yang berminat mengikuti kegiatan belajar dengan Model KNOS-KGS adalah 94.6% dan yang tidak berminat 5.56%. Angket respon guru pada pengembangan Model KNOS-KGS telah diperoleh rata-rata pada uji coba dikelas uji coba I sebesar 91.7%. Angket respon guru pada pengembangan Model KNOS-KGS telah diperoleh rata-rata pada uji coba dikelas uji coba II sebesar 100%.

Published
2022-03-31
Section
Articles
Abstract viewed = 36 times
pdf downloaded = 73 times