PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN PADA SISWA KELAS VIII C MTsN 1 HULU SUNGAI UTARA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi mengenal negara-negara Asean pada siswa kelas VIII C MTsN 1 Hulu Sungai Utara di semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan metode Picture And Picture. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTsN 1 Hulu Sungai Utara yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari rata- rata hasil belajar siswa 50,00 dengan 6 yang tuntas dari 20 siswa pada pra siklus, meningkat pada siklus I 66,50 dengan 9 siswa yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,50 dengan 16 siswa yang tuntas dari 20 siswa kelas VIII C MTsN 1 Hulu Sungai Utara. Sedangkan persentase ketercapaian KKM juga meningkat dari pra siklus 30%, meningkat pada siklus I sejumlah 45%, dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II dan hasil ini telah melebihi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sebesar ≥75 dan persentase ketercapaian KKM ≥75%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode picture and picture terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi mengenal negara-negara Asean sehingga layak untuk diterapkan di MTsN 1 Hulu Sungai Utara.