UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN YANG VARIATIF MELALUI SUPERVISI KLINIS YANG BERKELANJUTAN DI MTsN 8 HULU SUNGAI UTARA
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi klinis yang berkelanjutan terhadap kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif di MTsN 8 Hulu Sungai Utara. Pelaksanaan supervisi klinis memuat tahap awal untuk membuat kesepakatan antara supervisor dan guru, tahap observasi atau pengamatan terhadap metode pembelajaran guru di kelas, dan tahap akhir berupa diskusi hasil observasi. Kepala sekolah sebagai supervisor menilai dan memberi arahan kepada guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif. Penelitian ini dilakukan pada 13 orang guru sebagai subjek dan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif pada siklus I baik (rata-rata skor 8,38; 9,0; dan 9,38) dan meningkat menjadi baik dan sangat baik pada siklus II (rata-rata skor 10,0; 11,0; dan 12,0). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh supervisi klinis yang berkelanjutan terhadap peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif di MTsN 8 Hulu Sungai Utara.