MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI AL QUR’AN DAN HADITS SEBAGAI PEDOMAN HIDUP BAGI SISWA KELAS VII A MTs NURUL HIDAYAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Al qur’an dan Hadits sebagai pedoman hidup di MTs Nurul Hidayah tahun Pelajaran 2021/2022, melalui pendekatan kooperatif tipe Jigsaw. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Nurul Hidayah berjumlah 15 orang yaitu terdiri dari 11 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw, Dengan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75% dan meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan yang memuaskan yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar mengalami peningkatan disetiap pertemuannya dan cenderung meningkat baik secara individu maupun klasikal. Berdasarkan hasil temuan tersebut disarankan guru-guru di sekolah dapat menggunakan model pembelajaran Jigsaw dalam mengajar Al qur’an Hadits karena dapat memacu siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar dan juga diharapkan peneliti lebih meningkatkan kualitas diri dengan menambah pengetahuan mengenai perkembangan pendidikan yang terjadi dewasa ini, serta siswa diharapkan utnuk lebih tekun dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah.