PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A MTsN 1 HULU SUNGAI UTARA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII A MTsN 1 Hulu Sungai Utara pada materi relasi dan fungsi. Melalui model pembelajaran NHT, tugas diberikan kepada semua siswa dimana siswa telah diberi nomor berbeda didalam kelompoknya. Pemanggilan nomor siswa secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok mendorong setiap siswa secara individu bertanggung jawab atas hasil belajarnya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan pada 27 siswa sebagai subjek dan menggunakan model spiral Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 59,26 % dan ketuntasan meningkat menjadi 81,48 % pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 1 Hulu Sungai Utara pada materi relasi dan fungsi.